Category Archives: Adab dan Akhlak

Download [Audio] Kajian Ahad ke 3 Bab Adab dan Akhlak Seorang Muslim “Husnudzon kepada Allah”

Segala puji yang disertai pengagungan seagung-agungnya hanya milik Allah Subhanahu wa Ta’ala dan perendahan diri kita yang serendah-rendahnyanya hanya kita berikan kepadaNya Robbul ‘Alamin. Sholawat serta salam semoga senantiasa tercurah kepada Nabi kita Muhammad shallallahu ‘alaihi was sallam.

Allhamdulillah telah terselenggara kajian yang insya Allah bermanfaat bagi kaum muslimin yang dirutinkan setiap ahad Pagi di masjid An-Nur kompleks SMA Negeri 1 Gemolong, Sragen. Pada pembahasan kali ini yaitu tentang Bab Adab dan Akhlak Seorang Muslim telah membahas kajian dengan tema husnudzon kepada Allah  yang disampaikan oleh Ust. Musliman, yang insyaAllah bermanfaat bagi kaum muslimin.

berikut kami berikan link download Audio Kajiannya

11 mb

>>DOWNLOAD<<

2 mb

>>DOWNLOAD<<

Sesi tanya jawab

Sumber Artikel klik www.muslim.or.id

Para pembaca yang budiman, perlu untuk kita ketahui bersama bahwa Alloh adalah Dzat yang maha sempurna, baik dari Nama, Sifat maupun perbuatan-Nya. Tidak ada satupun aib atau cela yang terdapat pada Alloh.

Sebagai bentuk realisasi tauhid, kita dilarang mengingkari nama dan sifat yang telah ditetapkankan oleh Alloh Ta’ala. Kita wajib percaya dan menerima sesuatu yang telah ditetapkan Alloh kepada para hambaNya.

Segala Sesuatu Diciptakan Dengan Hikmah

Alloh menciptakan langit dan bumi beserta isinya, semuanya tentu mengandung hikmah yang agung dan tidak dalam rangka kesia-siaan. Alloh Ta’ala berfirman yang artinya, Read the rest of this entry

Iklan

Bukan Karena Parfum (Renungan Persahabatan)

Wallpaper-Gambar-Bunga-Teratai-Sepasang-Teratai

Jika wewangian yang dibicarakan, bisa jadi kebanyakan orang akan menggambarkannya dalam wujud bunga atau bisa juga parfum yang banyak beredar di masyarakat. Memang tak asing apalagi sesuatu yang baru. Ketika ditanya, “wangi banget sih, pakai parfum apa?”, lagi-lagi wangi itu biasa menunjukkan aroma parfum.

Tapi, wangi tak selalu dalam bentuk wujud di dunia. Pernahkah satu dari kita mencium wangi surga? Pernah mencium aroma persahabatan yang diridhoi-Nya? Atau mungkin pernahkah kita mencium aroma wanginya orang berpuasa? Tentu tak satupun dari kita bisa menciumnya, karena wangi-wangi itu berwujud di akhirat bukan di dunia, jadi wajar jika organ penciuman (hidung, penj.) kita tak menangkap aroma tersebut.

Ketika seseorang baru pertama kali akan membeli parfum, tentulah orang tersebut akan menggunakan organ penciumannya untuk mengetahui aroma parfum yang cocok untuk dirinya (sesuai kesukaannya). Berbeda saat seseorang hendak memulai pertemanan dengan orang lain. Ia tidak menggunakan organ penciuman sebagai alat utama dalam mengetahui orang lain. Tetapi dia hanya melihat dan merasakan perilaku orang lain.

Read the rest of this entry

Ngapain Minder? PeDe aja kali ! (Nasehat untuk Muslimah)

Galeri-22-Wallpaper-Gambar-Bunga-matahari

wow itu jilbabnya kayak taplak meja, gedhe amat.

ih siang bolong gini kok ada hantu gentayangan.

eh lo kagak gerah apa pake gamis, kerudungnya segedhe itu? Gue aja yang pendek gini masih kerasa gerah banget.

Kalau ditulis ulang celotehan seperti ini, laman berpuluh-puluh pun masih belum cukup,

jika kita terpengaruh akan celotehan yang seperti ini, maka sekalipun kita menurutinya, tidak akan bisa menuruti semua permintaan mereka, karena omongan orang itu tiada habisnya,

lagian ngapain juga kudu nurut sama omongan mereka? Kalau kita sedang merealisasikan ketaatan kita pada Sang Pencipta?

Ngapain kita yang MINDER? Kalau kita sedang berusaha menjalankan perintah-Nya?

Ngapain kita nggak PeDe? Kalau kita sedang berjalan menapaki jalan ke Surga-Nya?

Duh…iya

Kalau OMDO (Omong Doang) sih gampang.

Gimana caranya biar nggak MINDER?

Gimana caranya biar PeDe?

Ini nih Tips bagi kamu yang masih MINDER..

=Diringkas dari Majalah Elfata (05(13):90-91)= Read the rest of this entry

Puasa Tapi Pacaran ?

Broken_Heart_Wallpaper_2_by_Remi_SempaiPertanyaan:

Apakah pacaran membatalkan puasa? Trim’s

Jawaban:

Bismillah was shalatu was salamu ‘ala rasulillah, amma ba’du,

Ramadhan adalah bulan yang mulia. Namun mulianya ramadhan tidak diimbangi dengan sikap kaum muslimin untuk memuliakannya. Banyak diantara mereka yang menodai kesucian ramadhan dengan melakukan berbagai macam dosa dan maksiat. Pantas saja, jika banyak orang yang berpuasa di bulan ramadhan, namun puasanya tidak menghasilkan pahala. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

رُبَّ صَائِمٍ حَظُّهُ مِنْ صِيَامِهِ الْجُوعُ وَالْعَطَشُ

“Betapa banyak orang yang berpuasa, namun yang dia dapatkan dari puasanya hanya lapar dan dahaga.” (HR. Ahmad 8856, Ibn Hibban 3481, Ibnu Khuzaimah 1997 dan sanadnya dishahihkan Al-A’zami).

Salah satu diantara sebabnya adalah mereka berpuasa, namun masih rajin berbuat maksiat. Keterangan selengkapnya bisa anda pelajari di: Puasa Tanpa Pahala

Read the rest of this entry

Jangan Berani Mengetuk Pintu Wanita, Jika Tidak Serius Meng-Halal-kanya

broken-shell-of-a-heart-digital-art-hd-wallpaper-1920x1200-5575Sebuah Syair yang bagus ini:

ﻟَﺎ ﺗَﻄْﺮُﻕْ ﺑَﺎﺏَ ﻗَﻠْﺐِ ﺍﻟْﺄُﻧْﺜَﻰ، ﻭَﺃَﻧْﺖَ ﻟَﺎ ﺗَﺤْﻤِﻞُ ﻣَﻌَﻚَ ﺣَﻘَﺎﺋِﺐَ ﺍﻟِﺎﻫْﺘِﻤَﺎﻡِ

“Jangan berani-berani mengetuk pintu hati wanita

Jika engkau tidak membawa berkoper-koper perhatian.”

Karenanya laki-laki jangan TP-TP [maaf] tebar petaka

Maksud kami disini adalah memberi lampu hijau kepada seorang wanita. Menebar pesona kepada wanita baik terang-terangan atau cara pengecut lewat sms atau inbox facebook. Dalam sms atau status facebook menunjukkan bahwa ia seorang yang sangat alim. Sering membuat sms atau status yang menunjukkan bahwa ia alim.

Kemudian memberi harapan kepada wanita, baik secara terang-terangan dengan sering menancapkan pandangan kepada wanita tersebut di kampus misalnya. Atau sindir-sindiran di sms atau inbox facebook,

Read the rest of this entry

%d blogger menyukai ini: