Mengenal MKI SMAN1G Lebih Dekat…

bismillah

Hmm.. bagi siswa baru mungkin bertanya-tanya apa sih MKI SMAN1G..?? Pengting ya untuk diketahui.. ?? Yup.. yang pasti MKI bukanlah sebuah produk makanan semacam siomai, bakso, mie ayam atau pun makanan enak lainnya. Dan satu lagi MKI adalah sesuatu yang penting untuk diketahui khususnya bagi siswa baru SMAN 1 Gemolong. Penasaran?? OK, ada pepatah mengatakan “tak kenal maka ta’aruf”, oleh karena itu mari kita berta’aruf.

logggggggggggggggggg

Awal Perkembangan

            Majelis Kerohanian Islam (MKI) SMA Negeri 1 Gemolong merupakan salah satu organisasi resmi di bidang dakwah Islam bagi siswa dan siswi muslim di SMA Negeri 1 Gemolong. Tujuan didirikannya organisasi ini adalah sebagai sarana dakwah dan mempererat ukhuwah Islamiyyah bagi siswa dan siswi muslim di lingkungan SMA Negeri 1 Gemolong maupun ke lingkungan luar sekolah.

Sejarah Berdirinya

            Awalnya organisasi ini bernama ROHIS atau yang sering dikenal Kerohanian Islam. Dahuli ROHIS merupakan salah satu organisasi yang secara utuh berada dibawah Sekbid Kerohanian OSIS. Program-program yang dijalankan pun juga OSIS yang menentukan, oleh karena itu porsi dan ruang gerak ROHIS cukup sempit dan tidak bisa menampung seluruh aspirasi para aktivis pecinta dakwah di SMA tercinta ini. Sehingga berawal dari hal tersebut akhirnya ROHIS berganti nama menjadi sebuah nama baru yaitu Majelis Kerohanian Islam (MKI) SMAN1G, yang juga diikuti perubahan status internal di dalam kepengurusan organisasi itu sendiri. MKI secara resmi masih berdiri di bawah Sekbid Kerohanian OSIS, akan tetapi memiliki kepengurusan sendiri dan mempunyai berbagai program yang ditentukan pengurus internal MKI. Akhirnya dengan kepengurusan yang lebih independent program-program MKI menjadi lebih luas dan lebih asyik tentunya.

Tempat Kedudukan

            MKI SMA Negeri 1 Gemolong berkedudukan di masjid An Nur (Kompleks SMA Negeri 1 Gemolong), Desa Gudangrejo, Kelurahan Gemolong, Kecamatan Gemolong, Kabupaten Sragen.

Visi dan Misi

Visi : Berupaya Meniti Jejak Salafus Shalih

Misi :

  1. Kembali kepada AlQur’an dan Sunnah sesuai Manhaj Salaf
  2. Melakukan pemurnian ajaran Islam dari noda syirik, bid’ah, dan pemahaman menyimpang dari ajaran Islam yang shahih
  3. Mendidik umat Islam di atas aqidah, ibadah, akhlak, manhaj, muamalah, dan seluruh ajaran Islam Islam seperti yang diajarkan oleh Allah dan Rasul-Nya, sesuai pemahaman Salaful Ummah
  4. Merekatkan ukhuwah Islamiyah di antara siswa, guru dan karyawan, juga masyarakat di atas nilai-nilai Islam

Kepengurusan

            MKI SMAN1G memiliki kepengurusan selama 1 tahun dengan susunan sebagai berikut:

Penanggungjawab (Bp. Drs. Marsono, M.Si), Pembina (Bp. Ngadiman BA), Penasehat (Alumni MKI), Ketua, Sekretaris, Bendahara.

Adapun divisi- divisinya meliputi:

Divisi Dakwah, Divisi Buletin (An Naba’), Divisi Perpustakaan, Divisi Humas, Divisi Jaringan dan Komunikasi (Jarkom), Divisi Riyadhoh (Olahraga),  Divisi Kewirausahaan dan Divisi Keputrian (FUNNISA’)

Program Kerja

            Selama periode jabatan, para pengurus akan melaksanakan program kerja (proker) yang merupakan agenda kegiatan rutin yang harus dilaksanakan dalam masa jabatan tersebut. MKI SMAN1G memiliki 3 jenis program kerja, yang meliputi:

Program Mingguan:

Kajian Islam Ilmiah Rutin, Kajian Kelas (kelas X), Peduli Lingkungan, Riyadhoh (Tapak Suci), Mengelola perpustakaan Masjid

Program Bulanan:

Penerbitan Buletin An Naba’, Pembuatan Mading dan Buletin Tempel (akhwat), Kajian Bareng, Kajian Umum Ilmiah

Program Tahunan:

Kegiatan Ramadhan, Kajian Akbar, Kaderisasi Calon Pengurus MKI, Pembuatan Stiker, Pembuatan Jaket MKI.

            Demikianlah sekelumit tentang organisasi yang bergerak dibidang dakwah/kerohanian di SMA Negeri 1 Gemolong ini. Maka untuk terakhir kali, kami sampaikan nasehat kepada kalian wahai saudaraku yang notabene sebagai seorang pemuda. Nasihat ini merupakan peringatan bagi kami –penulis- juga.

            Sebagian orang menganggap bahwa waktu muda adalah waktu hidup foya-foya, masa untuk bersenang-senang. Sebagian mereka mengatakan, “Kecil dimanja,muda foya-foya, tua kaya raya, dan mati masuk surga.” Inilah guyonan sebagian pemuda. Bagaiman mungkin waktu muda foya-foya tanpa amalan shalih masuk surga [?] Sungguh hal ini dapat kita katakana sangatlah mustahil. Untuk masuk surga pastilah ada sebab dan pastilah tidak dengan foya-foya seperti itu.

            Sungguh sesak hati ini ketika melihat kehidupan sebagian besar pemuda (pelajar) saat ini yang jauh dari agama. Lihat saja, berapa banyak dari kita yang menggunakan waktu luangnya untuk hal-hal yang tidak bermanfaat; seperti nongkrong, main Play Station (PS), ngobrol yang tidak jelas dan sebagainya. Bahkan tak jarang kita dapati dari sebagian mereka yang menggunakan waktunya untuk kemaksiatan seperti minum-minuman keras, merokok, narkoba, pergaulan bebas dan masih banyak lagi yang lainnya. Sungguh, potret pemuda yang jauh dari harapan orang tuanya.

                Wahai Saudaraku, ingatkah kalian pada hadits dari Ibnu Abbas radhiyallahu anhu, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda, “Manfaatkanlah lima perkara sebelum lima perkara: [1] Waktu mudamu sebelum datang masa tuamu, [2] Waktu sehatmu sebelum datang masa sakitmu, [3] Masa kayamu sebelum datang masa miskinmu, [4] Masa luangmu sebelum datang masa sibukmu, [5] Hidupmu sebelum datang kematianmu.” (HR Hakim dalam al Mustadraknya).

                Wahai saudara dan saudariku, di akhirat nanti kita akan dimintai pertanggungjawaban oleh Allah mengenai masa muda ini, kita habiskan untuk apa? Siapkah saudaraku dengan hal itu!? Sementara waktu kita saat ini dipenuhi dengan perbuatan dosa dan kemaksiatan. Maka dari itu, “Lakukanlah ketaatan ketika dalam kondisi kuat untuk beramal (yaitu di waktu muda), sebelum datang masa tua renta.” Manfaatkanlah waktu luang kita untuk menuntut ilmu dien (agama), mengamalkan ilmu tersebut serta mendakwahkannya.

                Wahai saudaraku seiman, sungguh kalian telah beruntung bisa mencicipi bangku SMA Negeri 1 Gemolong ini, banyak sekali sarana yang dapat kita manfaatkan untuk menambah ketaatan kita kepada Allah. Banyak kegiatan keagamaan di sekolah ini yang dapat kita ikuti, yang mayoritas kegiatan tersebut dikoordinir pengurus MKI SMA N 1 Gemolong seperti program-program kerja di atas.

                Dan yang paling membanggakan lagi, banyak kajian-kajian yang diadakan di masjid kita tercinta sehingga terbukalah pintu-pintu untuk meraih pemahaman ilmu agama secara benar sesuai pemahaman para Shahabat Rasulullah shallallahu alaihi wasallam. Tidak semua dakwah berjalan begitu lancar seperti yang kalaian dapati di sekolah tercinta ini, tidak pula setiap orang mendapat kesempatan memahami agama secara haq seperti kesempatan yang diberikan kepada kalian.

                Ketika kalian mencoba membuka hati, memantapkan langkah, dan mencoba melapangkan dada untuk sejenak duduk dan mendengarkan secara rutin di dalam majelis-majelis ilmu yang ada di masjid kalian, niscaya kalian akan menemukan sebuah keindahan Islam yang begitu sejuk mengisi rongga-rongga di dalam qalbu kalian. Janganlah kalian membenci dan malas untuk mendatangi kajian-kajian tersebut.

                Coba datangi.. dan cobalah dengarkan. Marilah bersama kita menjaga dan menumbuhkan benih-benih keimanan yang telah tertanam dalam jiwa kita masing-masing, dan marilah kita selalu berusaha untuk selalu nasihat menasihati dalam kebenaran dan ketakwaan.

Iklan

About Rohis_SMAN1G

Rohis SMAN 1 Gemolong adalah organisasi Rohani Islam yang ada di sekolah kami

Posted on 31 Januari 2015, in Info and tagged , , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. Mantav gan, barutahu nih organisasi MKI Sman1g … Infonya sgt manfaat, terima kasih sudah berbagi

    Suka

  2. Semoga tetap istiqomah dijalan Allah..

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: